Langsung ke konten utama

Jaringan Nirkabel

MODULASI DIGITAL

Modulasi digital adalah proses penumpangan sinyal digital ke dalam sinyal carrier.
Modulasi dibagi menjadi 2, yaitu:
-          Modulasi analog : AM, FM, PM
-          Modulasi digital : ASK (Amplitudo Shift Keying), FSK (Frekuensi Shift Keying), PSK (hase Shift Keying)
Kelebihan sinyal digital:
·         Mampu mengirim informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dikirim dengan kecepatan tinggi.
·         Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
·         Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
·         Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.

*kecepatan cahaya yaitu 38.000 km/detik

Pengertian ASK, FSK, dan PSK
1.      ASK (Amplitudo Shift Keying)
Adalah suatu modulasi dimana amplitudo sinyal carrier akan berubah sesuai dengan logika bit-bit sinyal input. Terdapat 2 macam ASK jika dibedakan berdasarkan amplitudo sinyal output ASK pada logika bit rendah.
2.      FSK (Frekuensi Shift Keying)
Adalah suatu modulasi dimana frekuensi sinyal carrier akan berubah sesuai dengan logika bit-bit sinyal input. Karena hanya ada dua macam bit, maka pada FSK juga hanya dua frekuensi yang digunakan. Adapun amplitudo dari kedua macam frekuensi tersebut tetap.
3.      PSK (Phase Shift Keying)
Adalah suatu modul dimana fasa sinyal carrier akan berubah sesuai dengan logika bit-bit sinyal input. Terdapat beberapa tingkat PSK yang ditentukan berdasarkan jumlah fasanya.
4.      Q-PSK (Quadrature Phase Shift Keying)
Terdiri dari empat fasa. Setiap fasa akan merepresentasikan dua bit sinyalinput (2 bit/Hz). Setiap fasa  terpisah sejauh 90 derajat satu sama lain.
5.      M-PSK
BPSK dan Q-PSK menjadi dasar dalam menghitung jumlah simbol (representasi bit) dalam 1 Hz dan sudut interval antara fasa, modulasi M-PSK dapat mempresentasikan Mbit/Hz dengan sudut interval fasa sebesar 0.

6.      16-QAM
Pembuatan blok-blok diagram dari sisi pemancar maupun dari sisi penerima menggunakan pemrograman java.
7.      CDMA (Code Division Multiple Access)

adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metodeakses secara bersamayangmembagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensikonstruktif dari kode.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Operasi Jaringan

Menghubungkan Jaringan yang Berbeda menggunakan Router Mikrotik OS, Debian, dan Windows pada VMWare Alat & Bahan : 1. Laptop/PC 2. Virtual Machine 3. ISO Mikrotik 4. Hasil installasi Debian 5. Client Windows - Intallasi dan Konfigurasi Mikrotik 1. Buka VMWare, lalu setting. Apa saja yang dibutuhkan, misalkan HDD sebesar 8 GB, dua buah Network Adapter (Host Only) untuk server dan client, Memori 256 MB, dan CD/DVD untuk dimasukkan file ISO Mikrotik, lalu  finish.  2.  Install Mikrotik dengan menekan tombol   a  untuk memilih semua perangkat yang akan di install,   i   untuk mulai menginstall. 3. Jika terdapat pertanyaan 'Do you want to save old configuration?' maka ketikkan  n . Continue, lalu ketik  y  tunggu hingga proses installasi selesai. 4. Setelah proses penginstallan itu, ketik enter untuk mereboot. Lalu login sebagai admin, dengan password yang tidak diisi, dan langsung saja ketik enter. 5. Ubah inter

SOJ

Rabu, 9 Agustus 2017 Sistem Operasi Jaringan Aplikasi yang mendukung, diantaranya: - Cent OS - Virtual Box - VM Ware - Debian - Ubuntu Di dalam silabus SOJ ini terdapat materi mengenai Sharing Resource pada Debian di Jaringan. Sharing resource ini merupakan pembagian sumber pada jaringan. Sharing resource diantaranya: 1. File : FTP, SAMBA 2. Printer : SAMBA 3. Active Directory : Windows Server 4. Internet : IP Forward

Jaringan Nirkabel

JENIS-JENIS JARINGAN NIRKABEL Ada 4 Jenis Jaringan Nirkabel yaitu : 1.       WPAN (Wireless Personal Area Network) Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah Sebuah jaringan nirkabel pribadi (WPAN untuk pribadi) adalah jaringan nirkabel low-range yang meliputi luas jangkauan hanya beberapa puluh meter saja. WPAN sama dengan jaringan nirkabel pada  umumnya, yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat periferal (seperti printer, android/handphone, dan peralatan rumah lainya) atau Tablet (PDA) ke komputer, atau hanya dua komputer terdekat, tanpa menggunakan koneksi server. Ada beberapa jenis teknologi yang digunakan untuk WPANs: ·          Teknologi utama WPAN adalah Bluetooth, diluncurkan oleh Ericsson pada tahun 1994, yang menawarkan throughputmaksimal 1 Mbps selama rentang maksimum sekitar tiga puluh meter. Bluetooth, juga dikenal sebagai IEEE 802.15.1, memiliki keuntungan menjadi sangat hemat energi, yang membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam perangkat kecil.