Langsung ke konten utama

Gelombang Radio / Elektromagnetik

GELOMBANG RADIO SEBAGAI MEDIA PENYALUR DATA

Gelombang Radio / Elektromagnetik
  Gelombang Radio adalah gelombang yang bisa merambat dengan penghantar atau tanpa penghantar ke segala arah.
- Radio pemancar (tx)
- Radio penerima (rx)

  Dalam gelombang radio terdapat frekuensi dan amplitudo. Frekuensi adalah jumlah getaran atau getaran yang terbentuk dalam 1 detik. Sedangkan amplitudo adalah panjang gelombang.
Frekuensi berbanding terbalik dengan amplitudo. Semakin tinggi frekuensi, maka semakin kecil amplitudonya. Dan jika semakin rendah frekuensinya, maka amplitudonya semakin besar.

MODULASI

Modulasi adalah proses perubahan suatu gelombang menjadi sinyal yang mampu membawa informasi. Dengan modulasi, informasi dimasukkan ke suatu gelombang pembawa yang biasanya berfrekuensi tinggi.
Modulasi dibagi menjadi 2 , yaitu:
1. AM (Amplitudo Modulasi)
    Adalah salah satu bentuk modulasi sinyal informasi digabungkan dengan sinyal pembawa (carrier) berdasarkan perubahan amplitudonya.
Kelebihan AM:
- memiliki range jangkauan yang luas karena sinyal AM mampu dipantulkan pada lapisan udara teratas yaitu ainosfer
- lebih mudah dimodulasi karena lebih sederhana
- sinyal dapat berubah menjadi suara dengan peralata  sederhana

Kekurangan AM:
- dapat terganggu oleh gangguan atmosfer
- daya yang dibutuhkan lebih besar dibanding FM
- bandwidth yang senpit juga membatasi kualitas suara yang dapat disampaikan oleh kegiatan broadcasting radio.

2. FM (Frekuensi Modulasi)
    Adalah suatu metode untuk mengirimkan isyarat frekuensi rendah dengan cara memodulasi frekuensi gelombang pembawa berfrekuensi tinggi. Kecepatan sudut pembawa dibuat berubah-ubah dengan amplitudo isyarat pemodulasi.
Kelebihan FM:
- amplitudo yang konstan dari gelombang FM memungkinkan efisiensi pemancar yang tinggi.
- desah pada isyarat FM hanya 1/3 dari desah isyarat AM untuk lebar jalur yang sama.

Kekurangan FM:
- lebih rumit dibandingkan AM
- diperlukan perangkat penerima siaran yang lebih tinggi kemampuannya dibandingkan dengan siaran gelombang AM.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Operasi Jaringan

Menghubungkan Jaringan yang Berbeda menggunakan Router Mikrotik OS, Debian, dan Windows pada VMWare Alat & Bahan : 1. Laptop/PC 2. Virtual Machine 3. ISO Mikrotik 4. Hasil installasi Debian 5. Client Windows - Intallasi dan Konfigurasi Mikrotik 1. Buka VMWare, lalu setting. Apa saja yang dibutuhkan, misalkan HDD sebesar 8 GB, dua buah Network Adapter (Host Only) untuk server dan client, Memori 256 MB, dan CD/DVD untuk dimasukkan file ISO Mikrotik, lalu  finish.  2.  Install Mikrotik dengan menekan tombol   a  untuk memilih semua perangkat yang akan di install,   i   untuk mulai menginstall. 3. Jika terdapat pertanyaan 'Do you want to save old configuration?' maka ketikkan  n . Continue, lalu ketik  y  tunggu hingga proses installasi selesai. 4. Setelah proses penginstallan itu, ketik enter untuk mereboot. Lalu login sebagai admin, dengan password yang tidak diisi, dan langsung saja ketik enter. 5. Ubah inter

SOJ

Rabu, 9 Agustus 2017 Sistem Operasi Jaringan Aplikasi yang mendukung, diantaranya: - Cent OS - Virtual Box - VM Ware - Debian - Ubuntu Di dalam silabus SOJ ini terdapat materi mengenai Sharing Resource pada Debian di Jaringan. Sharing resource ini merupakan pembagian sumber pada jaringan. Sharing resource diantaranya: 1. File : FTP, SAMBA 2. Printer : SAMBA 3. Active Directory : Windows Server 4. Internet : IP Forward

Jaringan Nirkabel

JENIS-JENIS JARINGAN NIRKABEL Ada 4 Jenis Jaringan Nirkabel yaitu : 1.       WPAN (Wireless Personal Area Network) Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah Sebuah jaringan nirkabel pribadi (WPAN untuk pribadi) adalah jaringan nirkabel low-range yang meliputi luas jangkauan hanya beberapa puluh meter saja. WPAN sama dengan jaringan nirkabel pada  umumnya, yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat periferal (seperti printer, android/handphone, dan peralatan rumah lainya) atau Tablet (PDA) ke komputer, atau hanya dua komputer terdekat, tanpa menggunakan koneksi server. Ada beberapa jenis teknologi yang digunakan untuk WPANs: ·          Teknologi utama WPAN adalah Bluetooth, diluncurkan oleh Ericsson pada tahun 1994, yang menawarkan throughputmaksimal 1 Mbps selama rentang maksimum sekitar tiga puluh meter. Bluetooth, juga dikenal sebagai IEEE 802.15.1, memiliki keuntungan menjadi sangat hemat energi, yang membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam perangkat kecil.